Galeri

Pemilihan Logistik Dalam Mendaki Gunung


Pemilihan logistik atau bahan makanan yang tepat merupakan tahapan yang tidak kalah pentingnya dalam perjalanan. dalam pemilihan logistik yang akan dibawa hendaknya memperhatikan beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Lamanya Perjalanan, yang akan dilakukan yaitu tepatnya saat mulai pendakian hingga turun kembali. ini juga ada kaitannya dengan perkiraan jumlah pemakaian bahan bakar kompor. lamanya perjalanan akan berkaitan juga dengan ketahanan makanan yang dibawa.
  2. Jumlah anggota
  3. Daerah yang dituju, ada daerah yang masih sulit untuk menjumpai toko serba ada atau swalayan sehingga kita harus belanja semua logistik yang dibutuhkan. Perlu juga diperhatikan adalah gunung yang akan didaki apakah mampunyai sumber mata air atau tidak sama sekali.Pantangan masyarakat setempat, dibeberapa daerah di Indonesia massyarakat setempat masih mempunyai pantangan-pantangan terhadap jenis makan yang akan dibawa ke dalam hutan. pantangan ini ada katannya juga dengan habitat binatang pemangsa yang masih banyak ada di daerah tersebut.
  4. Selera anggota rombongan/ pendaki, penyesuaian selera masing-masing individu memang akan membuat perencanaan logistik menjadi kompleks. perlu ada pembicaraan dan kesepakatan diantara anggota pendaki apakah ada yang mempunyai pantangan atau alergi terhadap suatu jenis makanan dan mencarikan solusinya.Tipe Pendakian, apakah pendakian yang akan dilakukan mengutamakan kecepatan atau pencapaian target dalam waktu singkat atau merupakan perjalanan santai atau mencapai target perjalanan dengan waktu cukup.
  5. Berat, perlu menjadi perhatian anda dalam memilih logistik yang akan dibawa selama perjalanan pendakian. pertimbangan faktor berat ini juga tidak lepas dari rencana pendakian anda apakah seluruh beban akan dibawa oleh anda dan anggota pendakian atau akan dibawa oleh porter yang akan anda sewa jasanya.

Semoga tips ini bermanfaat. Bagi yang berencana mendaki gunung persiapkan segala kebutuhan dari fisik, mental, dan kebutuhan logistik. Semoga perjalanan anda menyenangkan.

Sumber

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s